LAMPUNG TIMUR SAMBUT VERIFIKASI LAPANGAN KABUPATEN LAYAK ANAK

LAMPUNG TIMUR SAMBUT VERIFIKASI LAPANGAN KABUPATEN LAYAK ANAK


PPDalduk, LAMPUNG TIMUR – Plt. Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, ST., MM melangsungan pertemuan ramah tamah dengan Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak anak pada hari kedua Pelaksanaan Verifikasi Lapangan yang menjadi salah satu tahapan penilaian Kabupaten Layak Anak di Aula Atas Pemkab Lampung Timur, Sukadana, Kamis (03/05/2018).


Pada pertemuan tersebut Plt. Bupati Lampung Timur menyampaikan harapannya tentang terwujudnya Kabupaten Lampung Timur Layak Anak. “Dengan adanya penilaian ini, semoga menjadi langkah awal untuk lebih meningkatkan program dan fasilitas yang mendukung terciptanya Kabupaten Layak Anak”, ujarnya.

Pada pertemuan ramah tamah tersebut turut hadir antara lain dari Kejaksaan Negeri Sukadana, Kepolisian Resort Lampung Timur, Kementerian Agama Lampung Timur, Asisten I setdakab Lamtim, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua Gugus Tugas, LSM, Media, Komunitas Remaja Positif (Repost), Forum Anak Daerah (FAD) Lampung Timur.

Tim Verifikasi Lapangan yang dijadualkan melaksanakan verifikasi selama dua hari (2-3 Mei 2018) tersebut terdiri dari Ketua Tim yaitu Ernanti Wahyurini sebagai tenaga Ahli Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), dengan beranggotakan  Syahnez Alamudi dari Kementerian PPPA dan Farida SPT dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Tempat-tempat yang diverifikasi antara lain : Puskesmas Ramah Anak Pekalongan, RSUD Sukadana, SMPN 1 Labuhan Ratu, Desa Ramah Anak Labuhan Ratu 7, Forum Anak Daerah, P2TP2A, Bangunan Sekolah dan Perpustakaan Bantuan Perusahaan di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai, Sanggar Tari Anak Pulosari Kecamatan Marga Sekampung, juga Camp Komunitas Blus di Desa Taman Endah Kecamatan Purbolinggo.

Selama pelaksanaan Verifikasi Lapangan, Tim Verifikasi Lapangan didampingi antara lain oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk (PP Dalduk) Kabupaten Lampung Timur, Dra. Farida Norma, MM, Bagian Humas Setdakab Lamtim, Dinas Kesehatan Lamtim, Dinas Pendidikan, P2TP2A, dan FAD Lamtim.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan, Ernanti Wahyurini, menyampaikan bahwa Kabupaten Layak Anak bukan hanya sekedar melibatkan anak dalam setiap Kegiatan saja tapi yang terpenting adalah keputusan-keputusan maupun peraturan yang dibuat merupakan hasil pemikiran dan ide-ide dari anak tiu sendiri. “Baik di lingkungan sekolah, kesehatan ataupun rencana pembangunan di suatu daerah, anak butuh didengar, dan tidak ada lagi hukuman dalam bentuk apapun untuk anak”, pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur selama ini dikenal cukup gencar mengkampanyekan Pemenuhan Hak Anak di Kabupaten Lampung Timur, berbagai upaya yang dilakukan antara lain Pembentukan Desa Ramah Anak, Forum anak Daerah, Sekolah Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, berbagai sarasehan, diskusi, seminar yang dilakukan dalam rangka membangkitakan kesadaran masyarakat akan perlindungan anak, demi mewujudkan Kabupaten Lampung Timur sebagai Kabupaten Layak Anak

Langkah lainnya antara lain dengan dibentuknya 26 Desa Ramah anak di seluruh Kecamatan Yang ada di Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2017. Langkah itu dilanjutkan dengan Pembentukan Forum Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di 264 desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur pada tahun ini, dengan harapan agar nantinya seluruh desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur dapat diwujudkan menjadi Desa Ramah Anak. (ES/RT)


Foto                 : Eva Susanti


#LamtimLovers

#GhamLamtim

#VoiceOfLamtim

#LamtimLuarBiasa


Comments

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'C:\Program Files (x86)\PHP\v5.6\ext\php_mysql.dll' - The specified module could not be found.

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: