PEMKAB LAMPUNG TIMUR BERGERAK CEPAT DAMPINGI KORBAN KEKERASAN TERHADAP ANAK

PEMKAB LAMPUNG TIMUR BERGERAK CEPAT DAMPINGI KORBAN KEKERASAN TERHADAP ANAK

Foto : Pemkab Lampung Timur beserta unsur terkait mengunjungi korban dan memberikan tali asih (09/03/2018)


PPDalduk, LAMPUNG TIMUR – Pemkab Lampung Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk (PP Dalduk) Kabupaten Lampung Timur bergerak cepat bersama unsur terkait lainnya dengan memberikan pendampingan, bantuan dan mengunjungi rumah korban tindakan kekerasan seksual terhadap anak, Jumat (09/03/2018).


Kunjungan tersebut adalah salah satu bentuk pendampingan dari pemkab lampung Timur sesuai instruksi Plt. Bupati Lampung Timur untuk tanggap terhadap berbagai persoalan yang terjadi di Kabupaten Lampung Timur, dalam hal ini adalah dugaan adanya kasus kekerasan seksual terhadap seorang anak berinisial DSN (11 tahun) di Desa Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah yang terjadi pada Kamis (01/03/2018).


Berdasarkan informasi yang dihimpun, kronologis kejadian bermula ketika pada hari kamis siang (01/03/2018) kediaman pasangan suami istri S (70 tahun) seorang buruh nelayan dan Istrinya  TR (40 tahun) disinggahi oleh dua orang (sebut saja mr. X dan mr. Y). Kedatangan kedua pria yang mengendarai sepeda motor tersebut menurut pengakuan mereka hanya untuk menumpang berteduh karena sedang hujan, keluarga korban tidak mencurigai kedua terduga pelaku karena salah satu dari mereka mengenal ayah korban.


Selanjutnya salah satu dari tamu tersebut (mr. Y) tertidur di rumah korban, sementara mr. X mengajak korban membeli bakso dan kembali ke rumah sekitar pukul 16.30 WIB. Namun pada saat kembali, kedua orangtua korban mencurigai telah terjadi kekerasan seksual terhadap korban.


Mr. X yang terdesak kemudian melarikan diri, sementara orangtua korban langsung melapor kepada pihak kepolisian, akhirnya rekan terduga pelaku yaitu mr. Y berhasil diamankan oleh pihak kepolisian dan warga.


Selanjutnya pada keesokan harinya korban didampingi oleh keluarga, aparat desa dan kepolisian memeriksakan kondisi korban di salah satu rumah sakit di Kabupaten Lampung Timur.


Pemkab Lampung Timur melalui Dinas PP Dalduk yang mendapat informasi terjadinya kekerasan seksual terhadap anak tersebut segera melakukan pendampingan bersama dengan P2TP2A Kabupaten Lampung Timur pada tanggal 6 Maret 2018 di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kepolisian Resort Lampung Timur.


Kemudian pada hari Jumat (09/03/2018) Kepala Dinas PP Dalduk Lamtim Dra. Farida Norma, MM, bersama Camat Braja Selebah, Sekcam, Kades Braja Luhur, Anggota Polsek Braja Luhur, PLKB, Ka. UPT Pendidikan, bidan desa dan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) mengunjungi kediaman korban untuk memberikan santunan tali asih sebagai salah satu bentuk kepedulian Pemkab Lampung Timur, sekaligus dukungan moril terhadap korban dan keluarga.


Kadis PP Dalduk Dra. Farida Norma, MM., usai mengunjungi korban menyatakan bahwa pemkab Lampung Timur bersama P2TP2A akan terus melakukan pendampingan terhadap anak-anak yang mengalami permasalahan kekerasan.


“Kami sangat prihatin dan terhadap permasalahan seperti ini, dan akan terus melakukan pendampingan terhadap korban, sejak bulan Januari sampai dengan Maret 2018 ini semua kasus anak sudah didampingi oleh P2TP2A”, ujarnya. (RT)


#LamtimLovers

#GhamLamtim

#VoiceOfLamtim

Foto: Dinas PP Dalduk Lamtim



Comments