SARASEHAN KABUPATEN LAYAK ANAK, BUPATI CHUSNUNIA : INI TANTANGAN BAGI KITA!

SARASEHAN KABUPATEN LAYAK ANAK, BUPATI CHUSNUNIA : INI TANTANGAN BAGI KITA!


PPDalduk, LAMPUNG TIMUR – Bupati Lampung Timur Hj. Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D mengajak semua pihak untuk berupaya agar isu perlindungan anak menjadi isu yang diperhatikan oleh seluruh warga Lampung Timur, hal itu disampaikan bupati wanita pertama di Lampung ini pada  kegiatan Sarasehan Kabupaten Layak Anak di Gedung Pusiban Sukadana, Rabu (07/02/2018).


Di awal sambutannya Bupati yang tergolong aktif menggunakan media sosial dalam berinteraksi dengan warganya  ini menyebutkan bahwa isu perlindungan anak belum sepenuhnya dianggap penting oleh masyarakat, tidak seperti isu pembangunan fisik atau infrastruktur jalan, namun ia berharap hal itu justru menjadi tantangan tersendiri bagi semua pihak yang peduli terhadap pemenuhan hak-hak anak.


“Kalau warga desa berbicara tentang pembangunan jalan, bikin jembatan, rasanya matanya berbinar binar, tetapi kalau bicara soal isu anak masih belum banyak yang semangat, tapi itu justru jadi tantangan bagi kita, bagaimana agar seluruh warga di Lampung Timur ini care  dan aware terhadap isu perlindungan anak”, ujarnya.


Chusnunia juga menyampaikan bahwa Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) merupakan salah satu solusi pemerintah dalam upaya perlindungan terhadap Hak anak, karena pemerintah tidak bisa melakukan perlindungan secara maksimal, harus sistematis melibatkan masyarakat, dan seluruh elemen terutama di desa-desa.


“Kalau Kita berbicara terus soal hak anak tetapi yang mudeng hanya kita-kita ini yang ada di kantor (kabupaten-red), yang ada di kantor kecamatan dan kantor desa, tapi warganya belum semuanya paham, ini akan menjadi percuma dan tidak akan bisa ditegakkan persoalan kewajiban terhadap hak anak”, sambungnya lagi .


Bupati yang akrab disapa Mbak Nunik ini juga mengajak semua pihak untuk berjuang bersama demi mewujudkan hak anak di Kabupaten Lampung Timur, karena kalau hanya elemen pemerintah di kabupaten yang bergerak dan tidak disertai dengan keinginan dan kesadaran yang sama dari seluruh elemen di desa, maka Kabupaten Layak Anak tidak akan dapat terwujud.


“Bapak Ibu, Saya mau bicara (sampai-red) berbusa-busa di forum manapun, di jakarta di Provinsi di kabupaten kalau Njenengan - Njenengan tidak ikut serta berjuang mewujudkan hak anak, pembicaraan saya akan menjadi sia-sia”. Lanjutnya.


Pada kegiatan yang mengambil tema : Lindungi Anak Melalui Forum Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) ini turut dihadiri oleh Polres Lampung Timur melalui Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Asisten I Drs. Tarmizi, Kadis PP dan Dalduk Dra. Farida Norma, MM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Lampung Timur, Camat, Kepala Desa, Penyuluh Lapangan KB dan unsur lainnya. Narasumber yang dihadirkan adalah Tony Fisher yang merupakan Fasilitator PATBM Provinsi Lampung. Pada kegiatan tersebut juga diserahkan Surat keputusan tentang peralihan petugas Penyuluh Keluarga Berencana yang sebelumnya berstatus pegawai daerah menjadi pegawai pusat.


Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di masa kepemimpinan Hj. Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D dan Wakil Bupati Hi Zaeful Bukhari, ST., MM memang sangat memperhatikan permasalahan Pemenuhan Hak Anak di Kabupaten Lampung Timur, berbagai upaya yang dilakukan antara lain Pembentukan Desa Ramah Anak, Forum anak Daerah, Sekolah Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, berbagai sarasehan, diskusi, seminar yang dilakukan dalam rangka membangkitakan kesadaran masyarakat akan perlindungan anak, demi mewujudkan Kabupaten Lampung Timur sebagai Kabupaten Layak Anak.


Bukti keseriusan  Pemkab Lampung Timur dalam upaya perlindungan terhadap hak-hak anak juga terlihat dari telah terbentuknya 26 Desa Ramah anak di seluruh Kecamatan Yang ada di Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2017. Langkah itu kemudian dilanjutkan dengan Pembentukan Forum Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di 264 desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur pada tahun ini, dengan harapan agar nantinya seluruh desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur dapat diwujudkan menjadi Desa Ramah Anak. (RT)



Foto                 : Dinas PP Dalduk Lampung Timur


#LamtimLovers

#GhamLamtim

#VoiceOfLamtim

#LamtimLuarBiasa


Comments

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'C:\Program Files (x86)\PHP\v5.6\ext\php_mysql.dll' - The specified module could not be found.

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: